kuliner bantul

Kuliner Khas Bantul Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Khas Bantul Yogyakarta Yang Wajib Kamu Coba

Sobat kuliner sekalian.. Saat kalian sedang liburan ke Yogyakarta, sempatkanlah kalian mampir ke Kota Bantul ya.. Kota/Kabupaten yang berada di sebelah selatan Kota Jogja ini menyimpan banyak sekali kuliner yang harus kalian ketahui sekaligus mencobanya.

Dari blusukan tempat-tempat wisatanya sampai kuliner-kulinernya yang berupa makanan ringan hingga makanan berat yang siap memanjakan lidah kalian semua.

Untuk kali ini saya akan bahas tentang kulinernya saja, karena tempat-tempat blusukan sudah banyak di tulis di blog lain. Oke, langsung saja saya perkenalkan kuliner-kuliner yang unik, enak dan istimewa khas Bantul:

1. Gudeg Manggar

gudheg manggar kuliner bantul

Kuliner unik satu ini merupakan makanan khas Bantul, tepatnya dari daerah Mangir, Pajangan. Bahan utamanya adalah manggar, bunga pohon kelapa yang masih muda. Gudeg Manggar dimasak bersama potongan ayam kampung maupun telur ayam. Untuk masalah rasa, Gudeg Manggar ini mempunyai rasa yang enak, khas dan tidak ada duanya di tempat lain.

2. Bakmi Pentil

bakmi pentil kuliner bantul

Makanan ini berasal dari daerah kecamatan Pundong, Bantul. Bahan dasar mie ini adalah pati ketela. Mie Pentil ini memiliki keunikan sendiri yang berbeda dengan jenis mie lainnya. Bentuk mie ini panjang dan ukurannya agak besar, memiliki 2 khas warna yaitu warna kuning dan putih, dan yang sangat khas dari mie pentil ini ialah rasanya yang kenyal sehingga disebut dengan mie pentil.

3. Bakmi Lethek

bakmi lethek

Makanan ini adalah makanan khas Bantul yang terbuat dari tepung singkong yang cara pembuatannya masih dengan cara tradisional. Mie Lethek memiliki corak warna yang keruh sehingga diberi nama lethek atau kusam bahasa Indonesianya. Mie Lethek juga sering disebut Mie Bendo karena mengambil nama sebuah kampung yang memproduksi mie ini yaitu Desa Bendo, Trimurti, Srandakan, Bantul. Biasanya mie lethek ini disajikan dengan digodhog (direbus) atau digoreng, dengan dilengkapi ceplokan telur bebek dan suiran daging ayam kampung.

4. Geplak

geplak

Makanan mungil satu ini sudah menjadi icon kuliner khas Bantul. Geplak sendiri terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir maupun gula jawa, sehingga memiliki cita rasa yang manis.

5. Peyek Tumpuk

peyek tumpuk

Makanan ini dinamakan Peyek Tumpuk karena bentuknya berbeda pada umumnya yang pipih, sedangkan peyek tumpuk ini berbentuk tidak beraturan hampir bulat sehingga kacang tanah menjadi bertumpuk-tumpuk. Dari bentuk inilah makanan ini lebih dikenal dengan sebutan Peyek Tumpuk

6. Mie Des

mie des

Makanan ini masih satu saudara dengan Mie Pentil. Nama Mie Des adalah kependekan dari Mie Pedes (Pedas). Makanan khas masyarakat Pundong yang terbuat dari pati ketela. Rasanya lebih kenyal, ukurannya lebih besar dan bentuknya pun juga berbeda, karena mie ini dibuat dengan cara diiris bukannya digiling seperti bakmi pada umumnya.

Baca juga : Bisnis Daring Dari Rumah Yang Cocok Untuk Kaum Muda

7. Sate Klatak

sate klatak

Menu wajib kuliner Bantuk yang berada di Jejeran, Pleret. Potongan daging kambing muda yang telah dibumbui garam dibakar diatas arang, dan satu hal yang bikin kuliner satu ini unik yaitu alat tusuknya yang memakai jeruhi sepeda dan disajikan bersama kuah gulai. Julukan klatak sendiri datang dari bunyi “klatak klatak” waktu daging menyentuh arang.

Nah.. bagaimana menurut kalian, ingin mencoba yang mana kuliner khas Bantul ini? Pastikan kamu nyobain semua yaaa, karena pastinya ini enak banget… hehe

Berikan pendapatmu