Koneksi Database Firebird Dengan PHP

Apa itu Database Firebird? Bagaimana cara mengkoneksikan database Firebird menggunakan PHP?

Salah satu DBMS yang cukup banyak digunakan sekarang ini adalah Firebird. Firebird merupakan open source database yang perkembangannya di prakarsai oleh Firebird Foundation. Pada awal mula perkembangannya, Firebird dikembangkan dari Interbase Database pada tahun 2000.

Sebagi salah satu alternatif Open Source DBMS, tentunya Firebird memiliki keunggulan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Firebird :

Kelebihan

1. Open Source yang fleksibel

Firebird merupakan projek open source. Pemakain Firebird baik untuk keperluan personal maupun keperluan bisnis tidak akan dikenakan biaya apapun. Namun walaupun free untuk digunakan, source code dari Firebird masih memiliki batasan.

2. Komunitas yang aktif

Komunitas developer Firebird meski tidak sebesar MySQL dan Oracle pesaingnya, memiliki reputasi sangat ramah terhadap developer baru yang bertanya pada forum khusus developer firebird. Komunitas developer Firebird juga aktif mengembangkan dan juga memperbaiki issue yang ada pada database ini.

3. Kemudahan proses installasi

Untuk proses installasi Firebird sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu melakukan download installer yang tersedia untuk berbagai OS yang berbasis Linux, Windows, dan Unix. Firebird dapat berjalan pada semua OS tersebut. Firebird juga tidak memerlukan komputer yang berspesifikasi tinggi untuk dapat dioperasikan. Semua komputer bahkan komputer yang jadul pun dapat mengoperasikan program database Firebird.

Untuk mendapatkan file installer dari Firebird, dapat mengunjungi situs resmi dari Firebird :

https://firebirdsql.org/en/start/

4. Ringan dan Cepat

Firebird tidak terlalu banyak memakan resource pada komputer, dengan hanya memory 1mb Firebird dapat berjalan dengan normal pada sebuah komputer. Hal ini membuat Firebird menjadi salah satu alternatif bagi projek embbeded yang membutuhkan fitur penyimpana database.

5. Minimun Maintenance

Salah satu kelebihan dari Firebird yang paling menarik adalah Firebird tidak memerlukan proses maintenance yang terlalu sering. Dibandingkan dengan program database lain yang memiliki fitur sekelasnya. Firebird tergolong lebih mudah untuk di maintenance.

Kekurangan

1. Pengguna Firebird relatif sedikit

Walaupun memiliki banyak keunggulan, pengguna Firebird relatif lebih sedikit daripada pengguna open source database lainnya. Sedikitnya pengguna ini tentun memunculkan pertanyaan besar, apa yang membuat database ini serasa tidak mendapatkan penghargaan atas apa yang dimilikinya.

2. Learning Curve yang relatif curam

Fitur Firebird yang lebih banyak dari open source database yang lebih simple seperti MySQL membuat Firebird lebih rumit dipelajari. Ditambah lagi dengan dokumentasi yang tidak terlalu bagus dan juga komunitas yang sedikit menambah semakin sulit untuk mempelajari firebird.

Terkadanh penggunaan Firebird terkesan overkill untuk para developer yang tidak terlalu membutuhkan fitur yang kompleks.

3. Format Numeric

Di beberapa bahasa pemrograman ada permasalahan untuk menampilkan format numeric. Seperti pada bahasa pemrograman PHP yang menggunakan PDO, untuk menampilkan format numeric ada masalah yaitu yang tampil bukan value yang ada pada tabel melainkan angka-angka random.

Nah, itu kelebihan dan kekurangan dari Firebird..

OKE! Lanjut ke tutorial bagaimana membuat koneksi database Firebird menggunakan PHP…

Simak tutorial dibawah ini :

1. Buatlah database Firebird

Untuk manajemen database/editor database kalian bisa menggunakan IBExpert, DBeaver, Flamerobin.

2. Buat file koneksi.php
<?php

$host = "localhost";
$data = "D:\\xampp\\htdocs\\DATABASE.FDB";
$user = "*****";
$pass = "******";

$koneksi = ibase_connect($host . ':' . $data, $user, $pass);
if ($koneksi) {
	die("Berhasil terhubung ke database");
}else{
	die("Gagal terhubung ke database");
}
?>
3. Jalankan koneksi.php
Koneksi Database Firebird Dengan PHP

Disini saya menggunakan Command untuk tester nya.

Jika sudah terhubung, kalian bisa melakukan query apapun ke database Firebird kalian…

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat…

Happy Coding!!!

Berikan pendapatmu