Bagaimana Algoritma Penelusuran Google Bekerja?

Bagaimana Algoritma Penelusuran Google Bekerja?

Bagaimana algoritma penelusuran Google bekerja?

Menjadi seorang blogger tentunya tidak mudah, banyak rintangan yang harus dihadapi. Tentunya yang sangat diinginkan para blogger adalah artikelnya berada di peringkat pertama pencarian Google.

Untuk mendapatkan peringkat tersebut juga bukan hal yang mudah, Anda harus mencari niche yang banyak diinginkan, optimasi SEO, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana jika kita sudah optimasi SEO dan artikel kita tidak berada di peringkat pencarian Google? Nhah, inilah Bagaimana Algoritma Penelusuran Google Bekerja. Setiap periode, Google selalu meng-update algoritma mereka demi mendapatkan hasil pencarian yang terbaik.

Sebelum Anda melakukan penelusuran, crawler web mengumpulkan informasi dari ratusan miliaran halaman dan mengelolanya di indeks penelusuran.

Proses crawling dimulai dengan daftar alamat web dari aktivitas crawling sebelumnya dan peta situs yang diberikan oleh pemilik situs. Saat mengunjungi situs, crawler Google menggunakan tautan pada situs tersebut untuk menemukan halaman lainnya.

Software ini memberikan perhatian khusus ke situs baru, perubahan pada situs yang sudah ada, dan tautan yang tidak lagi aktif. Program komputer akan menentukan situs mana yang akan di-crawl, serta seberapa sering dan berapa banyak halaman yang diambil dari tiap situs.

Google juga suda memberikan fasilitas Search Console yang fungsinya untuk memberi petunjuk detail tentang cara memproses halaman situs, dapat meminta crawl ulang, atau dapat memilih untuk tidak menggunakan crawling sama sekali melalui file robots.txt.

Mencari informasi dengan crawling

Web itu seperti perpustakaan yang terus berkembang dengan miliaran buku tanpa sistem pengarsipan terpusat. Google menggunakan software yang dikenal dengan crawler web untuk menemukan halaman yang tersedia secara publik.

Crawler akan memeriksa halaman dan mengikuti tautan di halaman tersebut, sama seperti Anda lakukan saat browsing konten di web. Crawlert akan memeriksan setiap tautan dan mengirimkan data terkait halaman tersebut kembali ke server Google.

Mengelola informasi dengan pengindeksan

Saat crawler menemukan halaman web, sistem Google akan merender konten halaman tersebut, sama seperti yang dilakukan browser. Google mencatat sinyal-sinyal penting, mulai dari kata kunci hingga update situs dan Google tetap melacak semuanya di indeks penelusuran.

Indeks Google berisi ratusan miliar halaman dan memiliki kapasitas hingga lebih dari 100.000.000 GB. Ini serupa dengan indeks di bagian belakang buku, denga entri untuk setiap kata yang terlihat di setiap halaman web yang Google indeks. Saat mengindeks halaman web, Google menambahkannya ke entri untuk semua kata yang ada di dalam halaman tersebut.

Dengan Grafik Pengetahuan, Google terus berupaya lebih dari sekedar pencocokan kata kunci untuk lebih memahami orang, tempat, dan segala hal yang Anda cari. Untuk melakukannya, Google tidak hanya mengelola informasi tentang halaman tetapi juga berbagai jenis informasi lainnya.

Cara kerja algoritma penelusuran/pencarian

Dengan jumlah informasi yang tersedia di web, hampir mustahil untuk menemukan apa yang Anda butuhkan tanpa adanya bantuan untuk memilahnya.

Sistem Peringkat Google mengurutkan ratusan miliar halaman web di indeks Penelusuran untuk memilah hasil yang berguna dan paling relevan bagi Anda hanya dalam sekejap, serta menampilkannya dengan cara yang mempermudah Anda dalam menemukan apa yang dicari.

Sistem peringkat ini tidak hanya terdiri dari satu, namun serangkaian algoritma. Untuk memberikan informasi yang paling berguna kepada Anda, algoritma penelusuran melihat banyak faktor, termasuk kata dalam query Anda, relevansi dan kegunaan halaman, keahlian sumber,serta lokasi dan setelan Anda.

Bobot yang diterapkan untuk setiap faktor berbeda-beda bergantung pada sifat query Anda, misalnya, kebaruan konten sangat berpengaruh dalam menjawab pertanyaan tentang topik berita terkini daripada tentang definis kamus.

Untuk membantuk memastikan algoritma Penelusuan memenuhi standar relevansi dan kualitas yang tinggi, Google memiliki proses ketat yang melibatkan pengujian langsung dan ribuan Penilai Kualitas Penelusuran eksternal terlatih dari seluruh dunia.

Lalu, apa saja faktor utama yang membantu menentukan hasil yang ditampilkan untuk query?

  • Menganalisis kata penelusuruan. Memahami maksud penelusuran Anda adalah hal yang penting untuk menampilkan jawaban yang baik . Karena itu, untuk menemukan halaman dengan informasi yang relevan, langkah pertamanya adalah menganalisis arti dari kata di query penelusuran.
  • Mencocokkan penelusan. Selanjutnya, Google mencari halaman yang berisi informasi yang cocok dengan query Anda. Saat Anda mencari, di tingkat paling dasar, algoritma Google mencari istilah penelusuran Anda di indeks untuk menemukan halaman yang sesuai. Algoritma menganalisis frekuensi dan lokasi kata kunci tersebut muncul di halaman, dalam judul atau header, atau dalam isi teks.
  • Memberi peringkat halaman yang berguna. Untuk query pada umumnya, ada ribuan bahkan jutaan halaman dengan informasi yang berpotensi relevan. Jadi, Google memberik peringkat pertama ke halaman terbaik, Google juga membuat algoritma untuk mengevaluasi seberapa bermanfaat halaman tersebut.
  • Menampilkan hasil terbaik. Sebelum menayangkan hasil, Google mengevaluasi bagaimana semua informasi yang relevan saling melengkapi: apakah hanya 1 topik di seluruh hasil penelusuran, atau banyak? apakah halaman yang berfokus pada 1 interpretasi yang sempit terlalu banyak? Google berusaha memberikan beragam informasi dalam format yang paling berguna untuk jenis penelusuran Anda. Selain itu, seiring dengan berkembangnya internet, Google mengembangkan sistem pemberian peringkat untuk menayangkan hasil yang lebih baik bagi lebih banyak query.
  • Mempertimbangkan konteks. Informasi seperti lokasi Anda, history penelusuran sebelumnya, dan setelah penelusuran, semuanya membantu Google menyesuaikan hasil Anda dengan hasil yang paling berguna dan relevan untuk Anda saat itu.

Nah, itulah beberapa informasi Bagaimana Algoritma Penelusuran Google Bekerja. Bagi artikel kalian yang belum mendapatkan peringkat, tetap sabar dan tetap nge-blog.

Sekian informasi yang bisa sampaikan. Semoga membantu..

Referensi :

https://www.google.com/intl/id/search/howsearchworks/algorithms/

Berikan pendapatmu